Jumat, 20 Februari 2015

TUGAS BAHASA INDONESIA

nama kelompok : Amanda Achrul A. , Dini Agustin T.D. , Ganis Dewinta H., Wahyu Putri E.

Mengevaluasi Teks "Belajar Ikhlas dari 'Hafalan shalat Delisa "'

pembahasan :
1. Tema : Tema yang diangkat adala religius . dibuktikan dengan judul dari cerita tersebut yakni "hafalan shalat Delisa" , kemudian didalam cerita mengisahkan Delisa yang tengah menjalankan praktik shalat di depan ustad Rahman dan ustazah Nur.
2. Pengindraan (imajinasi ) :
- indra perasa : dimana kita sebagai pembaca diminta untuk ikut merasakan betapa beratnya rasa kehilangan Delisa saat berpisah dengan keluarganya saaat terjadi tsunami serta di amputasinya kaki delisa .
-indra pendengar : kita seakan-akaan ikut mendengar jeritan dan keributan para korban tsunami .
- indra pelihat : dimana kita seakan-akan menyaksikan kejadian tsunami itu berlangsung dan terus memandang Delisa yang tengah terus melaksakan shalat .
3. Nilai-Nilai Yang Terkandung :
-Nilai religi : kita belajar bagaiamana shalat bukanlah hal yang main-main , dimana kita harus berhadapan dengan yang Maha Kuasa maka tetaplah tengadah kepadanya .
-Nilai keamanusiaan atau sosial : tingkatkanlah rasa solidaritas , saling membangun dan embantu dalam keterpurukan .
4. Penyajian :
teks ini disajikan dengan struktur yang baik , dimulai dari pengenalan tokoh , alur yang runtun , permasalahan yang mulai muncul , hingga enghadapi konflik . dalam teks ini dikemas sesingkat mungkin , akan tetapi tidak menghilangkan dan atau menambah inti cerita sehingga diceritakan secara jelas .

                                                    -SMA N 1 BOJA-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar